Putin Kembali Calonkan Jadi Presiden Rusia

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Vladimir Putin menyatakan bahwa dirinya akan mencalonkan diri menjadi presiden Rusia untuk keempat kalinya. Vladimir Putin akan menjadi kandidat independen dan tidak mewakili partai United Russia atau Rusia Bersatu.

Tingkat popularitas dan absennya lawan yang kuat, membuat Putin diprediksi akan memenangkan pemilu tahun depan ini dengan mudah. Pemilu tersebut akan diadakan pada 18 Maret 2018 bertepatan dengan perayaan aneksasi Krimea sebagai salah satu bentuk peningkatan jiwa patriotisme masyarakat Rusia.

“Saya akan berjalan sendiri. Saya berharap pergerakan-pergerakan, partai-partai, dan kelompok lainnya akan mendukung saya” ungkap Putin dalam konferensi pers di Moskow.

Putin memang telah menyatakan niatnya untuk kembali mencalonkan diri kembali sekitar dua minggu lalu 6 Desember di Nishny Novgorod. “Bukan tugas saya untuk mengajukan para kandidat yang lain,” tambah Putin saat konferensi berlangsung.

Putin sendiri mempunyai tingkat persetujuan masyarakat Rusia sebanyak 80 persen. Sensus dari Lavenda Center pun menunjukkan bahwa 53% masyarakat negara tersebut akan memilih Putin kembali.

Angka tersebut didapatkan Putin dari keberhasilan-keberhasilan Putin di mata masyarakat Rusia selama ia memerintah seperti yang dilansir dari The Telegraph dan The New York Times. Beberapa diantaranya adalah dominasi Rusia pada Olimpiade Musim Dingin Sochi tiga tahun yang lalu dengan 33 medali. (*)

BERITA REKOMENDASI