Putin Komentari Keracunan Navalny

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Presiden Vladimir Putin menolak laporan bahwa dinas keamanan Rusia berada di balik insiden keracunan Alexey Navalny. Menurut dia, jika memang pemerintah Rusia benar meracuninya, tokoh oposisi itu pasti sudah meninggal.

Navalny pingsan dalam penerbangan dari Siberia pada 20 Agustus lalu dan mendapat perawatan di Jerman karena diduga diracun. Dalam konferensi pers akhir tahun, Putin menyebut laporan itu sebagai “legalisasi materi dari layanan khusus Amerika”.

Kata dia, kritikus Kremlin memang mendapat dukungan dari mereka. Pemimpin Rusia itu mengatakan bahwa jika Navalny didukung oleh layanan khusus AS, maka tentu saja Rusia harus membuntutinya.

“Tapi ini sama sekali tidak berarti bahwa mereka perlu meracuninya. Untuk apa? Jika dinas khusus Rusia ingin meracuni Navalny, mereka akan menghabisinya sampai akhir,” kata dia.

Navalny, 44, mengalami sakit parah dalam penerbangan dari Siberia ke Moskow pada Agustus. Dia sempat dirawat di rumah sakit di kota Omsk Rusia sebelum diangkut ke Jerman dengan pesawat medis. (*)

BERITA REKOMENDASI