Qatar Desak Guatemala Batalkan Pemindahan Kedutaan ke Yerusalem

Editor: Ivan Aditya

QATAR, KRJOGJA.com – Qatar dan Yordania mendesak Guatemala membatalkan keputusan untuk memindahkan kedutaan di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

"Keputusan Guatemala bertentangan dengan konsensus internasional yang disahkan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa baru-baru ini yang menolak pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan seruan Majelis untuk   menahan diri agar tidak mendirikan misi diplomatik disana," kata Kementerian Luar Negeri Qatar.

Adapun Yordania menggambarkan keputusan Guatemala sebagai tindakan provokatif dan melanggar resolusi-resolusi internasional. "Kami menolak keputusan Guatemala untuk memindahkan kedutaannya ke Yerusalem," kata Menteri Luar Negeri Yordania Ayman al-Safadi.

Indonesia juga  mengecam keputusan Guatemala yang berencana memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem mengikuti langkah Presiden AS Donald Trump mengakui kota suci tersebut sebagai ibu kota Israel.

"Indonesia mengecam keputusan Guatemala yang berencana memindahkan kedutaannya di Israel ke Yerusalem," demikian Kementerian Luar Negeri RI pada Selasa Malam lewat akun resmi Twitternya. (*)

BERITA REKOMENDASI