Qatar Minta Trump Bujuk Arab

Editor: Ivan Aditya

QATAR, KRJOGJA.com – Presiden AS Donald Trump menewarkan diri untuk menjadi penengah konflik Qatar dan sejumlah tetangganya di Teluk. Trump dan penguasa Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, saling berbicara lewat telefon pada Rabu malam waktu AS atau Kamis waktu Indonesia.

Kepada emir Qatar tersebut, Donald Trump mengatakan bahwa dia secara personal ingin membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi Qatar dan para tetangganya di Arab. Dalam hal ini, Trump berencana menggelar pertemuan di Gedung Putih antara pemimpin Qatar dan pemimpin Arab lainnya.

Masih dalam perbincangannya dengan emir Qatar, Trump juga mengatakan bahwa semua negara harus menghentikan bantuan finansial untuk kelompok teror.  Qatar yang juga sekutu AS, kata Trump, harus bersatu dengan sekutu AS lainnya, seperti Saudi. Persatuan Arab, kata Trump, harus tetap dijaga.

Merespons tawaran Trump, emir Qatar mengatakan, butuh bantuan AS. Pasalnya, dengan situasi Qatar yang diblokade dari darat, laut dan udara, ini berdampak buruk terhadap Doha.

Dubes Qatar untuk AS, Meshal bin Hamad Al Thani, kepada The Associated Press, Kamis, mengatakan, negaranya kini bergantung pada upaya Washington untuk membujuk Saudi menghentikan blokade tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI