Rakyat Lebanon Ucapkan Dirgahayu Indonesia

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ucapan diatas keluar secara spontan dari para warga Lebanon di berbagai tempat di Beirut. Betapa tidak, menurut mereka Indonesia selalu bersama mereka baik di saat gembira maupun nestapa.

”Indonesia selalu bersama kami, dan tidak pernah melupakan rakyat Lebanon”, kata Ali Jaber terkait dengan peristiwa ledakan gudang asam nitrat di Beirut. Ucapan tersebut disampaikan secara langsung dengan whatsapp Minggu sore waktu Lebanon (16/8).

Bagi Ali Jaber, Indonesia adalah tanah air kedua. Ali pernah ke Indonesia pada tahun 2005. Kunjungannya ketika itu adalah bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-50. Seraya menyampaikan terima kasih atas perhatian Indonesia kepada Lebanon, Ali juga menyampaikan selamat atas hari kemerdekaan RI yang ke-75.

Warga lainnya adalah Hoda Zorob tinggal di Ain Al Remeneh, juga menyampaikan ucapan selamat atas Peringatan hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini. Hoda adalah anggota Komite Nasional Kahlil Gibran dan pecinta kebudayaan Indonesia.

Selanjutnya Ketua Himpunan Persahabatan Lebanon-Indonesia, Victor Zmetr menambahkan bahwa hubungan kekeluargaan antara Lebanon dengan Indonesia semakin meningkat tanpa jeda. Indonesia memegang peranan konstruktif dalam isu internasional, kata mantan Dubes Lebanon untuk Indonesia ini.

Menurut Victor, kemerdekaan adalah ”martabat” bagi Indonesia sebagai bangsa yang besar. Victor mendoakan agar dalam peringatan proklamasi kemerdekaan tahun 2020 ini Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menganugerahkan Indonesia kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran”.

Marc Barakat, seorang musikus yang menyukai kebudayaan dan kesenian Indonesia juga juga mengucapkan dirgahayu hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-75.

Sebagaimana diketahui di Indonesia pada tanggal 15 Agustus 2020 telah diselenggarakan acara ”Pray for Lebanon”. Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerjasama Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) dengan KBRI Beirut. Acara tersebut mendapat dukungan dari organisasi masyarakat dan kebudayaan Indonesia lainnya. Program tersebut berupa diskusi dan pertunjukan musik virtual dan mendapat perhatian dan sambutan baik di Lebanon, Indonesia dan negara lainnya.

Ziad El-Khoury, salah satu manajer dari Lebanese American University juga mengikuti acara “Pray for Lebanon”. Dinyatakan bahwa bahwa Indonesia sangat aktif membantu Lebanon, antara lain pengiriman pasukan perdamaian PBB Kontingen Garuda dari 2006 sampai sekarang. Indonesia selalu membantu Lebanon dalam suasana yang sulit.

Dia mengucapkan terima kasih atas penyelenggaraan “Pray for Lebanon” oleh BPPI dan KBRI Beirut. Seraya menyampaikan selamat atas peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-75, Ziad juga berpesan “Marilah kita angkat kedua tangan kita untuk menghormati para pahlawan yang telah gugur dan menciptakan kemerdekaan untuk Indonesia”, kata Ziad. (*)

BERITA REKOMENDASI