Rampungkan Kunjungan ke AS, Presiden Jokowi Kembali ke Tanah Air

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menyelesaikan rangkaian kunjungan kerjanya di Amerika Serikat (AS). Setelah lima hari kunjungannya di AS, Jokowi dan Ibu Negara Iriana bertolak menuju Indonesia pada Sabtu, 14 Mei 2022.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan rombongan bertolak ke Indonesia dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 dari Pangkalan Militer Andrews, Washington DC sekitar pukul 17.38 waktu setempat. Tampak melepas Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di tangga pesawat yaitu Duta Besar RI Rosan Roeslani beserta istri.

Jokowi dan rombongan direncanakan akan singgah di Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab pada Minggu (15/5/2022) waktu setempat. Dia akan menyampaikan duka cita kepada pemerintah, masyarakat, dan keluarga atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan pada Jumat, 13 Mei 2022 yang lalu.

Jokowi dan Iriana beserta rombongan diperkirakan akan tiba di Tanah Air pada Senin, 16 Mei 2022 pagi.

Selama kunjungan ke AS, Jokowi melakukan sejumlah pertemuan. Mulai dari, menerima kunjungan Chairman dan CEO Air Products Seifi Ghasemi hingga menghadiri jamuan santap siang pemimpin negara-negara ASEAN oleh Ketua Dewan Perwakilan AS Nancy Pelosi dan Anggota Kongres AS di Capitol Hill.

Selain itu, menghadiri KTT Global Covid-19 Summit secara virtual, bertemu para pengusaha Amerika Serikat di Intercontinental the Willard Hotel dan menghadiri jamuan santap malam antara pemimpin negara-negara ASEAN dengan Presiden Joe Biden. Jamuan santap malam ini diadakan di Gedung Putih.

Kedatangan Jokowi ke Gedung Putih ini langsung disambut oleh Presiden Biden. Mereka kemudian bersalaman, berfoto bersama, dan menandatangani buku tamu kenegaraan.

BERITA REKOMENDASI