Ratu Elizabeth Setujui Penangguhan Parlemen

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Perdana Menteri Inggris Boris Johnsonbermanuver jelang Brexit dengan menangguhkan parlemen hingga dua pekan menjelang tenggat Inggris keluar dari Uni Eropa. Rencana itu mendapatkan persetujuan dari Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth menyetujui jadwal yang ditetapkan Johnson. Parlemen akan bersidang pada 3-10 September mendatang untuk kemudian ditangguhkan hingga 14 Oktober mendatang. Sikap itu diberikan sebagaimana layaknya anggota kerajaan yang berpegang teguh untuk bertindak atas saran menteri demi tetap bersikap netral.

Persetujuan diberikan pada sesi Dewan Penasihat di Balmoral. Pada saat yang sama, pemimpin oposisi Partai Buruh Jeremy Corbyn dan Jo Swinson meminta pertemuan mendesak dengan Ratu untuk membahas manuver Johnson.

Penangguhan akan mempersempit waktu bagi anggota parlemen yang berusaha untuk mencegah hengkangnya Inggris dari UE dengan atau tanpa kesepakatan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Johnson bersikeras untuk mengambil langkah tersebut demi melancarkan agenda politiknya. Namun, dia menepis anggapan yang menyebutnya telah menghancurkan demokrasi dengan menutup jalur debat untuk sebuah kesepakatan. Menurutnya, masih ada 'cukup waktu' untuk parlemen membahas Brexit. Manuver Johnson memicu reaksi dan amarah publik. Serangkaian aksi protes juga turut bermunculan mengecam penangguhan. (*)

BERITA REKOMENDASI