Rekonstruksi Gaza Terkena Dampak Krisis Qatar

Editor: Ivan Aditya

QATAR, KRJOGJA.com – Krisis Qatar masih terus berlanjut. Negeri kecil di Teluk ini semakin terisolasi. Setelah Arab Saudi dan tujuh negara lainnya memutuskan hubungan diplomatik dan ekonomi dengan pemerintah Doha.

Akibat krisis di Qatar, Hamas, salah satu kelompok asing yang selama ini mendapatkan bantuan finansial besar dari Qatar, terkena imbasnya. Pembangunan di Gaza akan tersendat, pasalnya selama ini anggaran belanja negara, termasuk pembangunnan jalan dan ribuan rumah didanai dari bantuan Qatar. Bahkan, impor bahan bakar dari Israel juga dibiayai Qatar.

Kendati Hamas dan Israel bermusuhan, Gaza mengambil bahan bakar dari Israel dan ini dibiayai Qatar. Transaksi yang dilakukan antara Hamas dan Israel ini dilakukan dengan alasan kemanusiaan.

Selama dua bulan terakhir, Qatar belum bayar tagihan impor bahan bakar untuk Gaza. Masih belum diketahui apa alasan Qatar tak lagi membayar biaya impor bahan bakar untuk Hamas. Ada kemungkinan Qatar melakukan itu karena ditekan oleh Saudi.

Donasi digunakan untuk pembangunan kembali Gaza setelah rusak akibat perang dengan Israel pada 2014 lalu. Qatar berjanji akan menggelontorkan dana satu miliar dolar AS untuk rekonstruksi Gaza.

Janji ini terancam batal seiring tekanan dari Saudi dan kawan-kawannya yang meminta Qatar menghentikan bantuan keuangan untuk Hamas dan Ikhwanul Muslimin (IM). Kelompok IM sejak 2013 dianggap sebagai organisasi teroris di Mesir dan sejumlah negara Arab lainnya. (*)

BERITA REKOMENDASI