Rekrut Pekerja Ilegal, Perusahaan AS Didenda Rp1,2 Triliun

PHILADELPHIA, KRJOGJA.com – Sebuah perusahaan pemangkas pohon di Amerika Serikat (AS) baru saja menghadapi masalah besar. Mereka dijatuhi hukuman oleh pengadilan setempat karena mempekerjakan ribuan orang di negara tersebut secara ilegal.

Jaksa menjatuhkan sanksi kepada Asplundh Tree Expert Co berupa denda sebesar USD95 juta atau sekira Rp1,2 triliun. Perusahaan yang menyediakan jasa pemangkasan dan penghilangan pohon yang berada di sekitar saluran listrik itu dinyatakan bersalah atas tuduhan pidana federal. 

Menurut jaksa, kasus ini merupakan denda pidana terbesar yang pernah mereka jatuhkan untuk masalah imigrasi. Perusahaan yang berbasis di pinggiran Philadelphia, AS, ini merupakan perusahaan keluarga yang telah berdiri selama 90 tahun. Mereka mempekerjakan 30 ribu karyawan di AS, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. 

Perusahaan ini begitu terkenal sehingga memegang banyak kontrak di kota, negara bagian, bahkan negara federal. Mereka telah mempekerjakan ribuan pekerja secara tidak sah antara 2010 dan 2014. (*)

BERITA REKOMENDASI