Remaja Ini Menopause Sejak Usia 15 Tahun

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Sheree Hargreaves, seorang siswi berusia 19 tahun dari Burnley, Lancashire didiagnosis Insufisiensi Ovarium Primer (POI). Dengan kondisi itu, ia dia tidak akan pernah bisa hamil karena sudah mengalami menopause.

Sheree bercerita usianya baru menginjak 15 tahun ketika dia menerima vonis mengejutkan itu. Cerita bermula ketika ia berkunjung ke dokter karena tidak juga mengalami haid seperti remaja seumurannya.

Saat itu, dokter sempat memeriksa Sheere terkait tumor otak. Namun hasil CT scan dan tes darah menunjukkan tingkat estrogennya sangat rendah. Ini merupakan tanda-tanda menopause dini.

Dokter mengatakan ia mulai kehilangan folikel ovariumnya sejak usia enam tahun. Faktor tersebut menyebabkan ia harus mengalami menopause pada usia remaja.

Hingga kini ia tak tahu betul penyebab POI yang dideritanya. Dokter mengatakan kondisi ini keturunan genetik, namun belum bisa dipastikan betul.

Selain tak pernah merasakan haid, ia mengalami gejala menopause lain seperti kelelahan dan wajah memerah karena cuaca dingin. (*)

BERITA REKOMENDASI