Renovasi Menara Eiffel Bakal Telan Dana Rp 1 Triliun

Editor: Ivan Aditya

PRANCIS, KRJOGJA.com – Menara Eiffel bakal semakin megah dengan adanya rencana renovasi besar-besaran menjelang Olimpiade Paris 2024. Ikon kota Paris itu akan mendapat dipercantik mulai tahun depan, terutama untuk menghilangkan karat dan cat yang mengelupas dan mengaplikasikan lapisan cat emas untuk membuatnya semaikin berkilau dan bersinar pada siang dan malam.

Menara setinggi 324 meter itu juga telah dicat 19 kali, mula dari warna oranye terang, hijau, sampai kuning, yang berarti tim kontraktor harus bekerja ekstra untuk membersihkan cat lama sebelum melapisinya dengan cat baru berwarna emas.

“Mengapa Gustave Eiffel memilih warna kuning-coklat? Mungkin agar Menara Eiffel terlihat menonjol di seluruh kota Paris, dengan pemukimannya yang mayoritas terbuat dari batu kapur,” Pierre-Antoine Gatier, kepala arsitek untuk monumen bersejarah Prancis

Patrick Branco Ruivo, CEO perusahaan yang mengoperasikan menara itu, menambahkan, “Menara Eiffel pada Olimpiade akan lebih berkilau dari yang kita lihat saat ini.”

Proses renovasi Menara Eiffel diperkirakan akan menelan biaya sekitar €50 juta (sekitar Rp1 triliun). Selain ketinggian, tim kontraktor juga bakal menghadapi bahaya pengelupasan cat lama yang mungkin mengandung timbal, bahan kimia berbahaya.

Renovasi Menara Eiffel dijadwalkan selesai pada 2022, jauh sebelum Olimpiade dimulai. Kilau emas Menara Eiffel akan memperindah ajang triathlon dan renang yang digelar di dekatnya. (*)

BERITA REKOMENDASI