Republik Samoa Terima Bantuan Ambulans dari Indonesia

SAMOA, KRJOGJA.com – Pemerintah Indonesia baru saja menyerahkan bantuan sarana pendukung kesehatan kepada Republik Samoa Hon, sebagai bentuk solidaritas pasca-hantaman badai Gita yang melanda negara pulau di selatan Pasifik itu pada Februari lalu.

Bantuan tersebut berupa dua unit ambulans, yang diserahkan langsung oleh Utusan Khusus Presiden RI Dubes Muhammad Lutfi kepada Menteri Kesehatan setempat, Dr Talalelei Tuitama.

Serah terima yang dilakukan pada hari Senin, 26 Maret 2018 itu disaksikan langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga Dubes Tantowi Yahya, dan Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Samoa Hon Afamasaga Lepuiai Rico Tupai.

Bantuan dua unit ambulans tersebut merupakan simbol kedekatan hubungan dan kekerabatan antara masyarakat Indonesia dan Samoa. Demikian rilis yang diterima dari Kedutaan Besar Indonesia di Selandia Baru pada Selasa (27/3/2018).

Dua unit ambulans tersebut diharapkan bisa membantu rumah sakit di Samoa dalam meningkatkan kapasitas pelayanan.

Selain itu, diharapkan pula ambulans tersebut dapat bermanfaat untuk menjangkau masyarakat di daerah yang sulit dijangkau.

Dalam sambutannya, Dr Talalelei Tuitama menyampaikan apresiasi positif atas bantuan pemerintah Indonesia, dan mengharapkan kedua negara dapat meningkatkan kerja sama di bidang kesehatan.

Dalam kunjungannya, Utusan Khusus juga melaksanakan pertemuan dengan Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Samoa, Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi dan CEO Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan.(*)

 

BERITA REKOMENDASI