RI Beli 10 Sukhoi Lagi Dari Rusia?

JAKARTA (KRjogja.com) – Pemerintah Indonesia tengah dalam pembicaraan untuk membeli sembilan atau sepuluh Jet Sukhoi Su-35 dari Rusia. Informasi ini berasal dari petugas Kementerian Pertahanan Indonesia. Kendati demikian, belum ada keterangan yang jelas kapan rencana itu akan direalisasikan. 

"Kami masih melakukan negosiasi," ujar kepala fasilitas pertahanan Kementerian Pertahanan Indonesia Leonardi, melalui sambungan telefon. “Kami masih menawar berapa banyak mereka ingin menjual Jet Sukhoi tersebut?” tambah Leonardi, sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (1/10/2016).

Sebelum ini, Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu mengatakan pada Mei bahwa Indonesia akan membeli delapan Jet Sukhoi Su-35 tahun ini. Selain itu, beredar kabar bahwa perusahaan Barat masih berusaha menawarkan kepada Indonesia untuk memasok Jet tempur Sukhoi buatan Rusia. 

Menurut orang dalam di Kementerian Pertahanan Indonesia, keputusan ini masih belum final. Pembelian ini merupakan uji coba bagi Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk menegakkan transparansi dalam proses pembelian. Dalam empat terakhir, belanja pertahanan Indonesia terus meningkat sampai 77 persen menjadi 108,7 triliun rupiah. 

Indonesia juga telah menandatangani kontrak dengan Lockheed Martin untuk pembelian 24 Jet F-16. Sebanyak 14 pesawat telah dikirim, sedangkan 10 pesawat lainnya diharapkan dapat dikirim menjelang awal 2018.  Dalam pekan ini, ratusan perusahaan termasuk Lockheed Martin dari Amerika Serikat (AS), Sweden’s Saab, dan perusahaan pembuat senjata Indonesia PT Pindad akan ditampilkan pada pameran Indo Defence. Acara tersebut akan diselenggarakan di Jakarta dari 2 sampai 5 November. (*)

BERITA REKOMENDASI