Ri Chun-Hee Presenter Uji Coba Nuklir Korut

Editor: Ivan Aditya

PYONGYANG (KRjogja.com) – Untuk kelima kalinya Korea Utara kembali melakukan uji coba nuklir yang kali ini diklaimnya sukses. Pengumuman soal suksesnya uji coba nuklir tersebut disiarkan secara langsung di televisi pemerintah. Presenter senior dan ternama Korut Ri Chun-Hee dengan pakaian tradisional berwarna pink, kepada Korea TV dan juga dunia mengumumkan bahwa pemerintah Kim Jong-un telah berhasil meluncurkan uji coba nuklir terbaru.

Ri Chun-Hee selama ini menjadi pembawa acara senior yang selalu ditunjuk Kim Jong-un untuk mengumumkan berita penting terkait uji coba nuklir di negaranya. Ri yang diperkirakan berusia awal 70 tahunan tersebut, selalu tampil setiap pemerintah Korut ingin menunjukkan kehebatan negaranya kepada dunia dalam uji coba nuklir.

Usai uji coba peledakan bom nuklir tersebut terungkap, dunia internasional bereaksi keras mengutuk tindakan tersebut. Reaksi terhadap uji coba ini mulai bermunculan dari dunia internasional, terutama negara-negara yang berdekatan dengan Korea Utara. Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye menyebutnya sebagai tindakan ‘penghancuran diri sendiri’ dan ‘kecerobohan yang gila’ dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. (*)

BERITA REKOMENDASI