RI-Senegal Kerja Sama Pertanian

ZIGUINCHOR, KRJOGJA.com – Ziguinchor, salah satu Provinsi di Senegal di wilayah Casamance yang kaya akan hasil pertaniannya serta merupakan penyuplai utama sektor pertanian di Senegal, membutuhkan bantuan dari Pemri berupa transfer teknologi di bidang pertanian. 

Hal ini disampaikan oleh Ketua KADIN Ziguinchor, Jean-Pascal Ehemba, dalam Seminar Bisnis yang diselenggarakan oleh KBRI Dakar bekerja sama dengan KADIN Ziguinchor di Hotel Kadiandoumagne, Ziguinchor (13/12).

Jean-Pascal menyampaikan bahwa para pengusaha Ziguinchor membutuhkan peralatan teknologi industri menengah untuk mengolah dan memproses produk pertanian, seperti mesin pembuat selai/jus, padi, sawit dan kemasannya.

Dubes RI Dakar, Mansyur Pangeran, mengatakan bahwa sesuai hasil survey yang dilakukan KBRI di lapangan, kemasan produk di Ziguinchor memang dinilai belum bagus dan sangat jauh kualitasnya dibandingkan dengan di Indonesia. 

Menurutnya, para pelaku usaha setempat perlu mendapat bantuan khusus berupa transformasi teknologi di bidang pertanian dan makanan agar produk yang dihasilkan dapat dipasarkan dengan baik dan memiliki nilai tambah.

"Caranya bisa dilakukan dengan mengundang pengusaha Indonesia ke Ziguinchor atau berkunjung secara langsung ke pabrik-pabrik di Indonesia." 

Dubes mengingatkan kepada seluruh peserta seminar untuk memanfaatkan fasilitas bebas visa yang diberikan oleh Pemri kepada WN Senegal sejak tahun 2016 untuk berkunjung ke Indonesia. Bahkan, tahun 2018 KBRI akan prioritaskan Ziguinchor dalam program bantuan transfer teknologi di sektor pertanian dan kelapa sawit.

“Tahun depan KBRI akan prioritaskan petani dari Ziguinchor untuk mengikuti pelatihan di Balai Pertanian Indonesia di Gambia dan di Indonesia. Kita akan bantu petani di Ziguinchor untuk bisa meningkatkan hasil panennya,” pungkas Dubes.

Ziguinchor sangat membutuhkan bantuan Indonesia dalam meningkatkan produksi padinya supaya bisa panen lebih dari satu kali dalam setahun. Pemanfaatan pohon aren untuk dapat menghasilkan gula dan energi juga sangat diperlukan oleh Ziguinchor untuk memaksimalkan potensinya. (*)

BERITA REKOMENDASI