RI Terpilih Jadi Dewan Eksekutif OPCW

DEN HAAG, KRJogja.com – Indonesia terpilih sebagai anggota Dewan Eksekutif (Executive Council) OPCW dan Ketua Komite Persiapan (PrepCom) 4th Review Conference pada tahun 2018. 

Hasil tersebut disahkan dalam Konferensi Negara Anggota Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) yang ke-22 pada Jumat (1/12). Konferensi dihadiri 192 negara anggota dan dilaksanakan mulai Senin (27/11).

Sekretaris Kedua – Fungsi Politik KBRI Den Haag/PTRI untuk OPCW  Mahmudin Nur Al-Gozaly dalam siaran pers yang diterima redaksi Sabtu (2/12) dinihari, menyebutkan, terpilihnya Indonesia merupakan hasil rekomendasi keputusan yang telah disepakati di tingkat Grup Asia. 
“Meskipun pertemuan pleno Grup Asia berlangsung alot beberapa hari sebelum Konferensi, akhirnya Indonesia, Irak, Iran dan Pakistan disepakati menjadi anggota Dewan Eksekutif OPCW periode 2018-2020,” katanya. .

Dikatakan, keempat negara tersebut akan bergabung dengan negara Asia lainnya, yakni Arab Saudi, India, Jepang, Korea Selatan dan RRT, yang saat ini merupakan anggota Dewan Eksekutif, dari kelompok Asia. 

Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda yang juga merupakan Wakil Tetap Indonesia untuk OPCW, I Gusti Agung Wesaka Puja menyebutkan bila keanggotaan Indonesia dalam Dewan Eksekutif OPCW akan mulai pada 12 Mei 2018 sampai dengan 11 Mei 2020. “Namun persiapan untuk keanggotaan Dewan Eksekutif tersebut sudah mulai dilaksanakan”, kata Dubes Puja. (Fsy)

BERITA REKOMENDASI