Ribuan Ayam di Inggris Mati Kepanasan

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Ribuan ayam di peternakan Moy Park, Irlandia Utara ditemukan mati akibat gelombang panas yang terjadi pekan lalu di wilayah Inggris. Peternakan yang disokong jaminan peternakan terkemuka Red Tractor, merupakan satu di antara 15 perusahaan makanan terbaik di Inggris yang menyuplai daging kepada sejumlah pasar swalayan terbesar di Inggris, seperti Tesco, Sainsbury dan Ocado.

Sejumlah pegawai juga terlihat tengah menimbun bangkai-bangkai ayam di luar kandang ternak. Insiden ini bermula ketika gelombang panas melanda wilayah Inggris hingga mencapai suhu lebih dari 38 derajat Celcius. Akibatnya, sejumlah unggas di peternakan di daerah Lincolnshire mati karena kepanasan di dalam kandang.

Para pegawai di peternakan Moy Park mengatakan, "Kami mencoba melakukan semuanya tapi tidak ada yang bisa kami lakukan. Cuaca ekstrem yang melakukan hal ini kepada mereka (unggas)."

"Sangat berat mengangkut unggas-unggas itu keluar dari peternakan selama beberapa hari ini. Para aktivis hewan tidak berpikir kalau kami peduli dengan mereka (unggas), tapi kami sangat peduli," ujarnya.

Melihat insiden tersebut, Philip Lymbery selaku kepala eksekutif dari organisasi kesejahteraan hewan ternak, Compassion in World Farming menyampaikan kritiknya melalui Twitter.

"Ini tidak bisa diungkapkan dengan kat-kata. Mereka (unggas) pasti sangat menderita. Peternakan intensif bagi hewan harus dihentikan," kata Lymbery. (*)

BERITA REKOMENDASI