Ribuan Warga Turki Menuju Jerman Cari Suaka

Editor: Ivan Aditya

TURKI (KRjogja.com) – Kekisruhan politik di Turki setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan melakukan pembersihan besar-besaran terhadap kelompok Gulenis, membuat banyak warga setempat mencari suaka ke Jerman. Negara Bavarian ini dipilih karena selain punya kebijakan teramah soal pendatang, Jerman juga merupakan negara dengan jumlah populasi warga keturunan Turki terbesar sedunia, 1,55 juta.

Warga Turki merupakan kelompok pendatang pertama yang membanjiri Jerman pada 1960-an yang membuat negara tersebut dipenuhi banyak warga keturunan Turki. Saat itu, Jerman sangat membutuhkan banyak buruh sehingga keran migrasi dibuka lebar-lebar dan warga Turki mengambil kesempatan tersebut untuk menjadi warga Jerman.

Jumlah pendatang asal Turki kini kembali meningkat setelah Erdogan melakukan aksi otoriter dengan menangkap puluhan ribu orang yang diduga terkait gerakan Hizmet pimpinan Fethullah Gulen yang sejak 199 menetap di Amerika Serikat. Berdasarkan data otoritas migrasi dan pengungsi pemerintah federal Jerman yang dikutip harian Tagesspiegel, saat ini terdapat 1.719 pencari suaka asal Turki. (*)

BERITA REKOMENDASI