Robot Cerdas Menari Sabet Rekor Dunia

QINGDAO (KRjogja.com) – Ribuan robot cerdas berhasil memecahkan Guinness World Record setelah melakukan aksi menari serentak hanya dalam jangka waktu lebih dari satu menit. Aksi ribuan robot ini dilakukan dekat ruang utama Qingdao International Beer Festival di Distrik Huangdao, Provinsi Shandong China.

Untuk memecahkan rekor dunia, aksi ini diikuti oleh 1.040 robot cerdas. Para robot berwarna merah dan putih itu memiliki tinggi sekira 43,8 sentimeter (cm). Dalam aksi ini, tidak semua robot berhasil melewati tantangan ini. Sebagian besar terjatuh, berhenti dan hanya 1.007 robot cerdas yang berhasil menyelesaikan tantangan ini hingga selesai. Demikian sebagaimana dilansir TIME, Selasa (9/8/2016).

Dalam aksi ini, tim panitia seleksi menetapkan peraturan. Setiap robot yang jatuh sebelum satu menit, mereka dianggap gagal dan tidak akan dihitung sebagai pemecah Guinness World Record. Peraturan inilah yang menyebabkan hanya satu perempat robot yang berhasil memecahkan rekor.

Menanggapi hal ini, kepala perusahaan yang memproduksi robot-robot cerdas ini, Quan Jinyou mengatakan tantangan terbesar adalah bagaimana menghindari frekuensi radio, ponsel dan perangkat bluetooth. Kendati demikian, tim perusahaan Ever Win Company, Ltd berhasil melewati berbagai rintangan tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI