Roket Hantam Markas Militer Amerika di Irak

Editor: Ivan Aditya

IRAK, KRJOGJA.com – Sebanyak tiga roket menyerang bandara Arbil di utara Irak . Salah satu roket menghantam kompleks militer yang menjadi basis koalisi pasukan Amerika Serikat.

Sementara itu, sumber keamanan Irak dan koalisi AS mengatakan setidaknya tiga roket diarahkan ke bandara. Dua roket dilaporkan menghantam dua lingkungan perumahan di pinggiran Arbil.

Sejauh ini, aparat berwenang tidak memberikan informasi detail terkait potensi korban dan kerusakan. Hujanan roket ini merupakan yang pertama menyasar fasilitas diplomatik AS di Irak sejak dua bulan terakhir.

Fasilitas militer dan diplomatik AS dan negara Barat kerap menjadi sasaran puluhan roket dan serangan bom sejak 2019 lalu. Sebagian besar serangan terjadi di Baghdad. AS dan Irak menyalahkan kelompok bersenjata termasuk faksi pro-Iran Kataeb Hisbullah dan Asaib Ahl al-Haq terhadap serangan-serangan tersebut.

Kedua kelompok itu sangat menentang kehadiran tentara AS dan koalisi asing sejak 2014 itu. Koalisi AS hadir di Irak untuk membantu militer negara itu melawan kelompok ISIS. Setelah kejatuhan ISIS, koalisi asing telah memulangkan lebih dari 3.500 pasukan, termasuk 2.500 personel AS. (*)

BERITA REKOMENDASI