Rudal Balistik Bawah Air Korut Bakal jadi Momok Amerika

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJA.com – Korea Utara memamerkan rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM) terbarunya dalam parade militer yang diselenggarakan. Foto yang dirilis media pemerintah, KCNA menampakkan barisan tentara yang berbasis serta berbagai persenjataan, termasuk tank dan peluncur roket.

Dalam parade tersebut militer Korut juga memamerkan rudal balistik jarak pendek baru dan rudal kapal selam yang diangkut truk ke alun-alun. “Senjata paling kuat di dunia, rudal balistik peluncuran kapal selam, memasuki alun-alun satu demi satu, dengan kuat menunjukkan kekuatan angkatan bersenjata revolusioner,” tulis KCNA dalam laporannya .

Parade militer kali ini mengakhiri prediksi analis yang menyebut jika Korut tengah berusaha mengembangkan kapal selam operasional untuk membawa rudal. Pyongyang disebut melakukan uji coba beberapa rudal balistik yang diluncurkan dari bawah air.

Foto-foto yang dirilis menunjukkan setidaknya empat buah rudal yang diberi label Pukguksong-5, berpotensi menandai peningkatan performa Pukguksong-4 yang dipamerkan dalam parade serupa pada Oktober lalu.

Departemen Pertahanan AS menolak berkomentar atas kemunculan rudal buatan Korut ini. Aksi pamer rudal terbaru ini dilakukan dalam waktu kurang dari sepekan jelang pelantikan presiden AS terpilih Joe Biden. (*)

BERITA REKOMENDASI