Rumah Sakit Terbakar, 33 Tewas

Editor: Ivan Aditya

KORSEL, KRJOGJA.com – Sedikitnya 33 orang tewas dan 70 lainnya terluka akibat kebakaran Rumah Sakit Sejong di Miryang, Korea Selatan, pada Jumat (26/01/2018). Kebakaran besar ini merupakan yang kedua kalinya terjadi dalam satu bulan terakhir di negara dengan ekonomi terbesar keempat di Asia.

Rumah sakit berlantai 6 tersebut juga memiliki panti jompo. Kepolisian mengatakan sebanyak 200 orang ada di rumah sakit itu saat kebakaran terjadi.

Pemadam Kebakaran Nasional mengatakan 13 orang terluka parah sementara 66 lainnya menderita luka ringan. Petugas pemadam menuturkan korban tewas diprediksi masih bisa bertambah seiring dengan proses evakuasi yang masih berjalan.

"Dua perawat mengatakan api tiba-tiba muncul dan menjalar di ruang unit gawat darurat. Para korban sebagian besar merupakan pasien rumah sakit dan panti jompo. Beberapa di antara mereka tewas dalam perjalanan menuju rumah sakit," ucap Kepala Pemadam Kebakaran Nasional, Choi Man-woo.

Choi mengatakan seluruh pasien rumah sakit telah dievakuasi keluar. Choi juga memaparkan bahwa timnya membutuhkan watku lebih lama mengevakuasi sebanyak 15 pasien unit perawatan intensif karena harus melalui pemantauan dan pendampingan staf medis. (*)

BERITA REKOMENDASI