Rusia dan China Terpilih Anggota Dewan HAM PBB

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Rusia dan China telah terpilih menjadi anggota Dewan Hak Asasi Manusia PBB untuk periode tiga tahun ke depan. Sementara Arab Saudi gagal dalam upaya untuk memenangkan tempat di badan 47 kursi itu.

Pakistan dan Kuba juga terpilih dalam pemungutan suara yang digelar Selasa (13/10/2020) di markas besar PBB di New York. Pemilihan dilakukan untuk mengisi 15 kursi kosong. Prancis dan Inggris terpilih tanpa lawan untuk mewakili Eropa.

Seluruh 193 negara anggota PBB dapat memberikan suara di setiap wilayah. China dan Arab Saudi bersaing dengan Pakistan, Uzbekistan, dan Nepal untuk empat kursi. China memperoleh 139 suara, turun dari terakhir kali mencalonkan diri pada tahun 2016 di mana ketika itu meraih 180 suara.

Arab Saudi yang saat ini menjadi Ketua G20 hanya berada di urutan kelima dengan 90 suara, kalah dari Nepal dengan 150 suara. Kekalahan ini menjadi pukulan telak bagi upaya Saudi untuk meningkatkan citranya setelah pengakuan pembunuhan terhadap jurnalis Washington Post, Jamal Khashoggi. (*)

BERITA REKOMENDASI