Rusia dan Pecahan Soviet Bersatu

Editor: Ivan Aditya

RUSIA (KRjogja.com) – Rusia dan enam negara pecahan Soviet mengerahkan lebih dari 100 pesawat jet tempur untuk melakukan manuver besar-besaran. Tujuannya untuk menguji pertahanan udara mereka di tengah ketegangan dengan Barat.

Sebanyak 130 komando dan pusat kontrol dalam posisi siaga tinggi di Rusia dan di enam negara pecahan Soviet yakni, Armenia, Belarus, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan dan Uzbekistan. Dalam latihan besar-besaran, angkatan udara Rusia dan enam negara pecahan Soviet menguji kemampuan masing-masing dalam untuk menanggapi pelanggaran wilayah udara, termasuk pembajakan pesawat, dan menolong awak pesawat yang dalam kondisi kesulitan.

Beberapa jenis pesawat jet tempur yang ambil bagian dalam manuver besar-besaran ini di antaranya, jet tempur Su-27, MiG-29 dan MiG-31 dan pesawat pengebom nuklir Su-24 dan Su-34.

Sedangkan pesawat Tu-160, Tu-95MS dan Tu-22M3 ikut melakukan simulasi serangan terhadap terhadap pesawat musuh. Latihan yang melibatkan ratusan jet tempur itu diawasi oleh Commonwealth of Independent States (CIS), sebuah aliansi dari bekas negara-negara Soviet. (*)

BERITA REKOMENDASI