Rusia Desak Amerika Satu Meja dengan Korut

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Presiden Vladimir Putin menyebutkan satu-satunya cara untuk meredam ketegangan antara Amerika dan Korsel adalah dengan pembicaraan. Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, menyatakan hal ini harus diinisiasi oleh Amerika Serikat bukan Pyongyang.

"Sangat penting untuk menyelesaikan masalah regional ini melalui dialog langsung yang melibatkan seluruh pihak terkait tanpa mengajukan prasyarat apapun (untuk memulai pembicaraan)," jelas Putin.

Pimpinan Rusia itu menyatakan bahwa situasinya saat ini telah memburuk begitu parah sehingga bisa diimbangi oleh konflik berskala besar. Baru-baru ini pesawat pengebom Rusia bertenaga nuklir sempat terbang di semenanjung Korea untuk unjuk kekuatan.

Ia menyarankan agar dibuat peta jalan yang dirumuskan oleh Moskow dan Beijing, dan melibatkan Korea Utara. Hal ini dilakukan agar Korut menghentikan program misilnya. Sebagai gantinya, Amerika Serikat dan Korea Selatan harus menghentikan latihan perang skala besar. "Ini adalah cara untuk mengurangi ketegangan," tulis Putin. (*)

BERITA REKOMENDASI