Rusia Gagalkan Rencana Serangan di Krimea

Editor: Ivan Aditya

RUSIA (KRjogja.com) – Badan Keamanan Federal Rusia (Federal’naya sluzhba bezopasnosti Rossiyskoy Federatsii/FSB) mengklaim mereka menggagalkan serangan yang direncanakan oleh intelijen militer Ukraina di Krimea yang disengketakan. FSB menyatakan serangan itu rencananya akan menargetkan infrastruktur penting yang ada di Kota Sevastopol (berlokasi di wilayah Krimea).

“Pada 9 November, FSB menahan anggota dari kelompok yang dikirim oleh Direktorat Intelijen Kementerian Pertahanan Ukraina. (Mereka) merencanakan melakukan serangan sabotase di fasilitas militer dan infrastruktur warga sipil di Krimea,” ujar FSB dalam pernyataannya.

FSB mengatakan, selain para tersangka mereka juga berhasil menyita peledak berkekuatan besar, senjata api beserta amunisinya, peralatan komunikasi dan peta dari lokasi target serangan. FSB menambahkan, saat ini tim forensik sudah berada di lokasi untuk melakukan penyelidikan lebih jauh.

Kementerian Pertahanan Ukraina langsung membantah keterlibatan mereka terhadap tudingan dari Rusia. Hingga saat ini wilayah Krimea masih berada dalam kondisi sengketa dan menyebabkan hubungan Rusia-Ukraina memburuk di mana kedua negara kerap saling melontarkan tudingan. (*)

BERITA REKOMENDASI