Rusia Khawatir Jika China Benar-benar Jadi Perang

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Rusia Khawatir jika pertempuran antara China dan India benar-benar pecah. Rusia berharap pertemuan kedua negara di medan perang tak terjadi dan bisa lebih mengedepankan upaya-upaya dialog.

“Tentu saja, kami khawatir dengan situasi saat ini di Line of Actual Control (LAC). Namun, seperti yang kita ketahui, ada mekanisme khusus yang dikembangkan oleh kedua negara (India dan Tiongkok) termasuk hotline dan dialog perwakilan khusus dan bahkan KTT informal,” jelas Wakil Kepala Misi Rusia di Delhi, Roman Babushkin.

Meski Rusia merupakan mitra India yang telah teruji dan sebagai pemasok utama sistem pertahanan selama beberapa dekade ke India, Negeri Beruang Merah ini pun menjadi salah satu mitra strategis utama India. Namun dalam beberapa dekade terakhir, Rusia merasa cemburu atas meningkatnya hubungan India dengan Amerika Serikat.

Meskipun begitu, pemerintah India telah melakukan segala upaya untuk mempertahankan hubungan yang kuat dengan Rusia dan Moskow sehingga tetap menjadi teman dekat. Rusia juga merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB bersama dengan Tiongkok dan memiliki hubungan yang dekat dengan Beijing. (*)

BERITA REKOMENDASI