Rusia Kini Miliki Reaktor Nuklir Terapung

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Rusia akan memamerkan reaktor nuklir terapung pertama di dunia dan mengirimkannya untuk mengarungi Samudera Arktik. Dengan muatan bahan bakar nuklir, reaktor bernama Akademik Lomonosov itu akan bertolak dari Pelabuhan Arctic di Murmansk dan memulai perjalanan sejauh 5.000 kilometer menuju timur laut Siberia.

Kapal seberat 21 ribu ton itu memiliki dua reaktor nuklir dengan kapasitas masing-masing 35 megawatts. Akademik Lomonosov akan membawa 69 kru yang bakal mengawal kapal tersebut mengarungi laut dengan kecepatan 3,5 sampai 4,5 knot.

Reaktor itu diperkirakan bakal menjelajah perairan selama empat hingga enam minggu, tergantung kondisi cuaca dan jumlah air di sepanjang perjalanan.

Ketika tiba di Pevek, Akademik Lomonosov akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan daya setelah satu PLTN dan pembangkit listrik batu bara di daerah itu tutup.

Badan nuklir Rusia, Rosatom, menyatakan bahwa Akademik Lomonosov merupakan alternatif sederhana ketimbang harus membangun pembangkit listrik tenaga nuklir di darat. (*)

BERITA REKOMENDASI