Rusia Kirim Dua Pesawat Tempur ke Venezuela

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Rusia mengerahkan empat pesawat militer, termasuk dua pesawat pengebom jarak jauh TU-160, ke Venezuela untuk mengikuti latihan angkatan udara pada Senin (10/12/2-018).

Menteri Pertahanan Venezuela, Vladimir Padrino, juga menyambut sekitar 100 pilot Rusia dan personel militer lainnya bersama pesawat-pesawat tersebut. "Pengerahan ini menunjukkan kami juga tengah mempersiapkan pertahanan Venezuela ke titik maksimal ketika diperlukan," tutur Padrino.

Selain dua TU-160, pesawat angkut An-124 dan pesawat penumpang militer II-62 milik Rusia juga ikut dikerahkan dalam latihan tersebut. Padrino mengatakan pesawat-pesawat militer Rusia juga pernah mengunjungi negaranya pada 2013 lalu. Meski begitu, dia menegaskan kunjungan pesawat militer Rusia kali ini adalah pengalaman baru.

"Latihan ini diadakan guna meningkatkan tingkat interoperabilitas dari sistem pertahanan udara kedua negara," ucap Padrino.

Tidak jelas berapa lama pesawat-pesawat Rusia itu akan beroperasi di Venezuela. Padrino juga tak menjelaskan secara rinci mengenai latihan militer bersama kedua negara tersebut. Namun, latihan militer ini dilakukan Venezuela ketika negara di Amerika Selatan itu tengah dirundung krisis politik dan ekonomi berkepanjangan. Caracas juga tengah diisolasi oleh sanksi dan embargo dari komunitas internasional. (*)

BERITA REKOMENDASI