Rusia Kuasai Chernobyl

Editor: Ivan Aditya

UKRAINA, KRJOGJA.com – Militer Rusia masih berada di sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Chernobyl, Ukraina. Sebelumnya, Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan bahwa beberapa unit pasukan Rusia telah ditarik dari distrik Chernobyl ke permukiman di Belarusia.

“Orang-orang Rusia terlihat di zona eksklusif Chernobyl pagi ini,” kata Kepala Zona Eksklusif Chernobyl Yevhen Kramarenko.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) untuk membenahi wilayah yang berisiko paparan radiasi tingkat tinggi itu. “Rusia berperilaku tidak bertanggung jawab di Chernobyl, mulai dari tidak mengizinkan personel stasiun untuk melakukan fungsinya hingga menggali parit di daerah yang terkontaminasi zat nuklir berbahaya,” kata Kuleba.

Energoatom, perusahaan pelat merah Ukraina yang meninggalkan lokasi PLTN itu setelah invasi pada 24 Februari, menyebut pasukan Rusia membangun benteng dan parit di Hutan Merah. Hutan tersebut diketahui menjadi bagian yang paling terkontaminasi radioaktif dari zona di sekitar Chernobyl. (*)

BERITA REKOMENDASI