Rusia Minta Amerika Hentikan Serangan di Suriah

Editor: Ivan Aditya

RUSIA (KRjogja.com) – Rusia mengaku kesal dengan kritik dan permintaan yang dilontarkan Amerika Serikat (AS) terkait operasi militer di Suriah. AS mendesak Rusia untuk menghentikan serangan di Suriah, dan menyebut penembakan jatuh helikopter adalah dampak dari kebijakan negatif Moskow di Suriah.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov menyatakan, pihaknya bingung sekaligus marah dengan sikap yang ditunjukan AS. Menurutnya, kritik dan permintaan AS itu seperti menunjukan Washington tidak ingin konflik di Suriah, dan operasi melawan terorisme di negara tersebut menemui keberhasilan.

“Begitu ada kemajuan nyata dalam memerangi teroris, yang dibuat oleh pemerintah Suriah dan tentara dengan dukungan kami, orang Amerika mulai menuntut bahwa kita berhenti memerangi teroris,” kata Ryabkov.

Kritikan dan desakan kepada Moskow disampaikan Menteri Luar Negeri AS John Kerry pada awal pekan lalu. Bukan hanya kepada Rusia, desakan itu juga ditujukan kepada pemerintah Suriah di bawah pimpinan Bashar al-Assad. (*)

BERITA REKOMENDASI