Rusia Panggil Dubes Jerman

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Rusia mengeluarkan protes keras kepada Jerman atas dugaan keracunan tokoh oposisi Alexei Navalny. Moskow mengecam keras Berlin dengan mengatakan klaim tersebut tidak mendasar dan memperingatkan risiko terhadap hubungan diplomatik kedua negara.

Sebagai bentuk protes, duta besar Jerman di Rusia, Geza Andreas von Geyr dipanggil oleh kementerian luar negeri di Moskow. Rusia memprotes tuduhan tak mendasar dan ultimatum atas dugaan penggunaan zat saraf Novichok dan keterlibatan pejabat senior. Moskow berdalih tuduhan ‘tak mendasar’ sebagai dalih untuk mendiskreditkan pemerintahannya.

Rusia kembali mendesak Jerman untuk menanggapi permintaan jaksa untuk memberikan bukti, termasuk data medis yang menyatakan bahwa Navalny telah diracun. Pihak kementerian mengatakan apabila Jerman menolak permintaan tersebut, Rusia menganggap hal itu sebagai bentuk ‘provokasi permusuhan’ sehingga berimbas pada hubungan diplomatik.

Juru Bicara Pemerintah Rusia, Dmitry Peskov, pekan lalu membantah tuduhan Jerman yang menyebut jika mereka di balik upaya meracun Navalny.

“Sampai sejauh ini kami belum menerima informasi apapun. Kami harapan secepatnya hal itu dilakukan dan bisa membantu kami apa yang menyebabkan dia berada dalam kondisi seperti saat ini,” kata Peskov dalam jumpa pers di Moskow. (*)

BERITA REKOMENDASI