Rusia Peringatkan Amerika

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Rusia menyemprot balik Amerika Serikat setelah Menteri Luar Negeri Antony Blinken mewanti-wanti Kazakhstan soal kehadiran pasukan koalisi Moskow di tengah kerusuhan besar-besaran di negara itu. Kementerian Luar Negeri Rusia merilis pernyataan balasan itu tak lama setelah Blinken berkata, “Pelajaran yang bisa kita tangkap dari sejarah belakangan ini adalah ketika Rusia masuk ke rumah Anda, terkadang sangat sulit untuk membuat mereka pergi.”

Dalam pernyataan balasannya, Kemlu Rusia menyebut omongan Blinken itu “menyinggung.” Mereka menganggap Blinken membahas peristiwa tragis di Kazakhstan dengan nada bercanda. Mereka kemudian menyatakan bahwa AS seharusnya berkaca pada rekam jejak intervensi Negeri Paman Sam di negara lain, seperti Vietnam dan Irak.

“Jika Antony Blinken sangat suka pelajaran sejarah, maka ia seharusnya mengingat ini: Ketika orang Amerika ada di rumah Anda, sangat sulit untuk tetap hidup dan tidak dirampok atau diperkosa,” demikian pernyataan Kemlu Rusia.

Kemlu Rusia lantas menegaskan bahwa kehadiran pasukan koalisi Organisasi Traktat Keamanan Kolektif (CSTO) di Kazakhstan merupakan respons atas permintaan pemerintah setempat. (*)

BERITA REKOMENDASI