Rusia Sukses Uji Coba Rudal ‘Setan 2’

MOSKOW, KRJOGJA.com – Militer Rusia mengklaim telah berhasil melakukan uji coba kedua peluncuran peluru kendali (rudal) balistik antarbenua (ICBM) dengan kemampuan nuklir paling mutakhir. 

Uji coba tersebut diketahui dilakukan di Plesets, barat daya Rusia, yang cukup dekat dengan Lingkaran Arktik. Rusia memberi nama rudal mutakhir itu RS-28 ‘Sarmat’ yang disiapkan untuk menggantikan rudal lama dari era Uni Soviet. Rudal yang disebut oleh Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) sebagai ‘Setan 2’ itu sudah dikembangkan sejak 2011. 

RS-28 Sarmat diyakini mampu membawa hulu ledak nuklir yang lebih banyak dengan jangkauan yang lebih jauh. Sarmat adalah salah satu persenjataan nuklir yang diklaim tidak mampu dikalahkan yang sempat disebut Presiden Vladimir Putin dalam pidato nasionalnya pada awal Maret. 

Dalam pidato itu, Putin mengungkapkan sejumlah rudal lainnya yang sedang dikembangkan Rusia, antara lain rudal penjelajah dan sebuah rudal antarbenua hipersonik.

“Tidak akan ada, bahkan sistem pertahanan antirudal terbaru yang dapat mengancam kemampuan rudal kompleks milik Rusia, Sarmat,” ujar Vladimir Putin dalam pidato tersebut, dikutip dari ABC News, Sabtu (31/3/2018). (*)

BERITA REKOMENDASI