Rusia Tahan Dua Kapal Korut, Sempat Lepaskan Tembakan

MOSKOW, KRJOGJA.com – Penjaga perbatasan Rusia telah menahan dua kapal Korea Selatan di perairan teritorialnya di Laut Jepang setelah salah satu kapal menyerang kapal patroli Rusia. Penahanan itu dilaporkan media lokal mengutip Dinas Keamanan Rusia (FSB) pada Selasa.

Berdasarkan keterangan FSB, patroli perbatasan Rusia menemukan dua kapal schooner Korea Utara dan 11 perahu motor menangkap ikan secara ilegal di lepas pantai timur jauh dan menahan kapal pertama. Tindakan patroli Rusia itu mendorong kapal kedua melepaskan tembakan.

Tiga penjaga perbatasan Rusia terluka dalam insiden itu.

"Kedua kapal telah ditahan," demikian dilaporkan media setempat sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (18/9/2019). Laporan itu menambahkan kemudian bahwa lebih dari 80 warga Korea Utara telah ditahan.

Kantor berita RIA melaporkan bahwa Kementerian Luar Negeri Rusia telah memanggil perwakilan diplomatik Korea Utara di Moskow terkait insiden itu. Pejabat yang dimaksud terlihat memasuki kementerian tersebut.

Kapal-kapal yang ditahan itu dibawa ke Pelabuhan Nakhodka di Rusia Timur Jauh.

Pada Juli, Moskow menuduh Korea Utara secara ilegal menahan salah satu kapal penangkap ikannya. Pyongyang mengatakan para kru telah ditahan karena melanggar aturan masuk ke Korea Utara. (*)

BERITA REKOMENDASI