Rusia Terus Tambah Pasukan- di Perbatasan Ukraina

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Rusia diyakini terus menambah jumlah pasukan hingga alat tempur ke perbatasan dekat Ukraina seperti Belarus hingga Crimea. Foto citra satelit terbaru memperlihatkan perluasan militer Rusia yang signifikan dalam beberapa pekan terakhir di Belarus, Crimea, hingga barat negara tersebut.

Gambar satelit yang diambil perusahaan penyedia foto citra satelit Maxar memperlihatkan “peningkatan tingkat aktivitas dan kesiapan” militer Rusia di perbatasan. Selain Maxar, sejumlah lembaga penyedia foto citra satelit lain juga mengatakan telah melihat perluasan operasi militer Rusia secara terus-menerus dalam jarak sekitar 240 kilometer dari perbatasan Ukraina dalam beberapa bulan terakhir.

Gambar satelit menunjukkan penumpukan di dua area palatihan militer Rusia di Pogonovo dan Persiaovsky. Persiaovsky dan Pogonovo masing-masing berjarak sekitar 50 kilometer dan 220 kilometer dari perbatasan Ukraina. “Selama beberapa minggu terakhir, beberapa pengerahan pasukan Rusia baru yang signifikan terus terlihat di Belarus,” kata Maxar.

Analisis itu didasari Maxar dengan membandingkan gambar dari September dengan akhir Januari dari kamp militer Rusia di Novoozerne, Crimea. Dari gambar tersebut menunjukkan peningkatan aktivitas militer signifikan seperti peningkatan jumlah tenda-tenda militer. (*)

BERITA REKOMENDASI