Rusia Usir 23 Diplomat Inggris

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Rusia balas mengusir 23 diplomat Inggris dan meminta mereka keluar dari Moskow dalam waktu sepekan. Keterangan itu diberikan oleh Kementerian Luar Negeri Rusia setelah bertemu dengan duta besar Inggris untuk Rusia, Laurie Bristow.

Pengusiran ini merupakan balasan atas tindakan serupa Inggris yang mengusir 23 diplomat Rusia pada Rabu lalu. Tak hanya mengusir diplomat, Rusia juga memutuskan untuk menutup British Council di Rusia dan menarik izin Inggris untuk membuka konsulat jenderal di St. Petersburg.

Kisruh Inggris-Rusia ini terjadi pasca serangan racun terhadap seorang mantan mata-mata agen ganda Moskow di Salisbury, Sergei Skripal. Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan pihaknya menyimpulkan bahwa Rusia bertanggung jawab atas percobaan pembunuhan terhadap Sergei Skripal dan putrinya.

Skripal dan Yulia ditemukan tak sadarkan diri di sebuah bangku umum di luar pusat perbelanjaan di Salisbury. Sejak saat itu mereka dirawat di rumah sakit dan dilaporkan dalam keadaan kritis. Moskow sendiri menolak terlibat dalam percobaan pembunuhan terhadap Skripal dan anak perempuannya. (*)

BERITA REKOMENDASI