Rusia Waspadai Kebangkitan Afghanistan

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Rusia akan mengerahkan 30 tank baru militer untuk memperkuat pangkalan militernya di Tajikistan yang bersebelahan dengan Afghanistan.

Komandam Unit Tank Militer Pusat Rusia, Khanif Beglov, mengatakan 30 tank modern akan ditempatkan di pangkalan militer di Tajikistan pada akhir 2021 nanti.

Pengerahan kendaraan perang itu dilakukan Rusia untuk menggantikan kendaraan tempur yang sudah tua. Selain itu, keberhasilan Taliban mengambil alih kekuasaan di Afghanistan baru-baru ini juga membuat Rusia cukup khawatir.

Moskow cemas jika kekacauan di Afghanistan bisa memicu gerakan kelompok ekstremis di negara itu menyusup ke Tajikistan. Rusia bahkan mewanti-wanti Afghanistan bisa jadi sarang teroris usai rezim Taliban kembali naik ke tampuk kekuasaan.

Tak hanya Rusia, India juga meyakini hal serupa. Kedua negara ini sepakat memperkuat kerjasama demi mengantisipasi ancaman terorisme.

Tajikistan berbatasan dengan Afghanistan sepanjang 1.344 kilometer. Sebagian besar perbatasan Tajikstan dan Afghanistan didominasi wilayah perbukitan sehingga sulit dijaga petugas. (*)

BERITA REKOMENDASI