San Fransisco Umumkan Darurat Corona

SAN FRANCISCO, KRJOGJA.com – San Francisco pada Selasa 26 Februari mengumumkan keadaan darurat atas virus korona atau Covid-19, meski tidak ada kasus yang dikonfirmasi di kota di Amerika Serikat tersebut.

Wali Kota San Francisco, London Breed mengatakan deklarasi itu akan membantu kota mempercepat perencanaan darurat jika virus menjangkiti kota. “Meskipun belum ada yang dikonfirmasi di San Francisco, gambaran global berubah dengan cepat, dan kita perlu meningkatkan kesiapan,” kata Breed dalam sebuah pernyataan mengutip NY Post, Rabu (26/2/2020).

“Kami melihat virus menyebar di bagian-bagian baru dunia setiap hari, dan kami mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi San Fransiskan (warga San Francisco) dari bahaya.”

Sejauh ini 53 kasus virus korona telah dikonfirmasi di Amerika Serikat, 10 di California.

Tiga pasien telah dirawat di rumah sakit San Francisco, meskipun mereka bukan penduduk kota, menurut kantor wali kota San Francisco.

Para pejabat kesehatan di San Francisco mengatakan deklarasi itu memungkinkan wilayahnya untuk mempekerjakan lebih banyak dokter, perawat, dan manajer kasus yang dipanggil dalam 24 jam.

“Mengingat tingginya volume perjalanan antara San Francisco dan China daratan, ada kemungkinan semakin besar bahwa kita akan melihat kasus Covid-19 nantinya,” kata Dr. Tomas Aragon, Petugas Kesehatan San Francisco.

Pengumuman itumuncul di tengah meningkatnya kekhawatiran akan pandemi virus korona.

Merujuk data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ada lebih 80 ribu orang di seluruh dunia yang terinfeksi virus korona dab menewaskan lebih dari 2.600 orang. (*)

 

BERITA REKOMENDASI