Satu Polisi Tersangka Pembunuhan Floyd Bebas

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Seorang mantan anggota kepolisian Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, Thomas Lane (37) yang menjadi tersangka atas kematian George Floyd dilaporkan saat ini bebas dari tahanan dengan jaminan.

Lane sempat ditahan lembaga pemasyarakatan Hennepin County. Status hukumnya diperoleh dari data yang tercantum di dalam situs lapas tersebut.

Menurut kuasa hukum Lane, Earl Gray, kliennya baru empat hari bekerja sebagai anggota Kepolisian Minnesota saat peristiwa itu terjadi. Gray mengatakan saat kejadian Lane memang membantu memegang kaki Floyd yang sempat meronta dan dinilai melawan saat ditangkap.

Akan tetapi Lane mengatakan dia sempat menyarankan kepada Derek Chauvin yang menindih leher Floyd untuk membaringkan badan tersangka. “Dia (Lane) tidak diam saja. Dia memegang kaki karena Floyd melawan. Saat itu dia mengatakan kepada Chauvin apakah harus membaringkan badannya? Karena dia bilang tidak bisa bernapas. Namun Chauvin mengatakan tidak,” ujar Gray.

Chauvin dijerat dengan sangkaan pembunuhan tingkat dua. Sedangkan Lane dan dua rekannya, J. Alexander Kueng dan Tou Thao, dijerat dengan sangkaan membantu pelaku melakukan pembunuhan tingkat dua dan pembantaian tingkat dua. (*)

BERITA REKOMENDASI