Saudi Hadang Rudal Houthi di Udara

Editor: Ivan Aditya

ARAB, KRJOGJA.com – Koalisi militerArab Saudi di Riyadh menyatakan berhasil mencegat sejumlah peluru kendali yang ingin menargetkan beberapa kota di negara kaya minyak tersebut.

Melalui pernyataan yang dirilis, koalisi militer mengatakan rudal-rudal itu ditembakkan oleh kelompok pemberontak Houthi di Yaman yang didukung Iran, musuh bebuyutan Saudi.

“Rudal-rudal itu diluncurkan secara sistematis, sengaja untuk menargetkan kota-kota dan warga sipil yang merupakan pelanggaran hukum kemanusiaan internasional,” kata juru bicara koalisi Turki al-Maliki.

“Ibu kota Yaman, Sanaa, telah menjadi tempat perkumpulan atau basis Houthi dan meluncurkan rudal-rudal balistik dari kota itu yang menargetkan kerajaan.”

Sejak perang sipil Yaman berkecamuk pada 2015, kelompok pemberontak Houthi kerap meluncurkan sejumlah rudal terhadap Saudi. Houthi bahkan beberapa kali meluncurkan rudal yang menyasar Kota Makkah dan Riyadh.

Namun, sebagian besar rudal berhasil dicegat militer Saudi. Perang sipil di Yaman disebut-sebut sebagai perang proxy atau perang pion antara Saudi dan Iran di Timur Tengah.

Sejak lama, Iran disebut mendukung kelompok Houthi yang ingin menjatuhkan pemerintahan resmi Yaman. (*)

BERITA REKOMENDASI