Sebelum Imlek China Targetkan Vaksinasi

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Ribuan orang mengantre di Beijing, China pada Senin untuk menerima vaksin Covid-19. China berupaya melakukan vaksinasi jutaan orang sebelum musim mudik Tahun Baru Imlek pada Februari.

Lebih dari 73.000 orang di ibu kota China itu telah menerima dosis pertama vaksin dalam beberapa hari terakhir. Media pemerintah pada Minggu melaporkan yang disuntik vaksin termasuk pekerja komunitas dan sopir bus.

Otoritas kesehatan pada Malam Tahun Baru memberikan persetujuan “bersyarat” kepada kandidat vaksin yang dikembangkan oleh raksasa farmasi China Sinopharm. Perusahaan mengatakan vaksin itu memiliki tingkat kemanjuran 79 persen.

Rekaman TV pemerintah, CCTV menunjukkan antrean di luar rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat ketika orang-orang membaca formulir persetujuan dan pengecekan suhu sebelum disuntik. Pejabat kesehatan mengatakan gym dan pabrik kosong turut digunakan untuk lokasi vaksinasi.

Beijing telah memberikan sekitar 4,5 juta dosis vaksin darurat tahun ini yang sebagian besar belum terbukti kemanjurannya. Menurut pihak berwenang, mereka yang diprioritaskan divaksin yakni petugas kesehatan dan pegawai negara yang akan bekerja di luar negeri. (*)

BERITA REKOMENDASI