Sebelum Kudeta Turki, Rusia Sudah Peringatkan Erdogan

Editor: Ivan Aditya

RUSIA (KRjogja.com) – Rusia melalui intelijennya sudah memperingatkan Presiden Recep Tayyip Erdogan perihal akan adanya kudeta militer. Peringatan itu disampaikan beberapa jam sebelum kudeta benar-benar terjadi.

Hal itu diungkap media Iran, Fars News, yang mengutip sumber-sumber diplomatik. Menurut laporan itu, intelijen militer Rusia menyadap komunikasi militer Turki yang menunjukkan rencana kudeta terhadap Pemerintah Presiden Erdogan.

Informasi itu lantas diteruskan ke Organisasi Intelijen Nasional Turki (MIT). Komunikasi yang disadap intelijen Rusia, termasuk komunikasi helikopter yang memerintahkan tentara untuk menangkap atau membunuh Presiden Turki di sebuah resor di Kota Marmaris.

Seperti diketahui, ketika kudeta militer berlangsung Jumat malam pekan lalu, Erdogan dan keluarganya memang sedang berlibur di Marmaris di Mediterania. Erdogan sendiri membenarkan, kawasan tempatnya berlibur telah diserang, namun dia berhasil meninggalkan lokasi dengan pesawat jet pribadi menuju Istanbul. (*)

BERITA REKOMENDASI