Sejak Bertemu Xi Jinping, Trump Anggap Kim Jong-un Berubah

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan bahwa pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, mulai berubah sikap setelah bertemu untuk kedua kalinya dengan Presiden China, Xi Jinping, pada 8 Mei lalu.

"Saya sedikit kecewa karena saat Kim Jong-un bertemu dengan Presiden Xi Jinping untuk kedua kalinya, saya pikir ada perubahan sikap dari Kim Jong-un. Saya tidak suka itu," ujar Trump.

Namun, Trump berharap dugaan itu tidak benar karena ia memiliki hubungan yang baik dengan Xi. Trump bahkan mengatakan bahwa lawatan dua hari pada November lalu adalah salah satu momen terbaik dalam hidupnya.

Saat itu, Xi menyiapkan sambutan besar-besaran bagi Trump. Ia bahkan menggelar karpet merah dan memoles istana kekaisaran untuk meyambut Trump.

"Saya rasa tidak ada orang lain yang disambut lebih baik dari itu sepanjang sejarah mereka. Kami membicarakan banyak hal, tapi ketika Kim Jong-un meninggalkan China kedua kalinya," ucap Trump.

Korut memang mulai berubah sikap sejak pekan lalu, ketika mereka mengancam akan membatalkan pertemuan jika AS dan Korea Selatan terus melakukan latihan militer bersama. Selama ini, Korut selalu memprotes latihan militer gabungan antara Korsel dan AS yang dianggap mengancam keamanan negaranya. (*)

BERITA REKOMENDASI