Seksus Nabawi Minimalisir Kejadian yang Merugikan Jemaah

Editor: Ivan Aditya

MADINAH, KRJOGJA.com – Jajaran Sektor Khusus (Seksus) Nabawi sudah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) menghadapi rentetan kedatangan jemaah haji gelombang II dari Makkah ke Madinah. Hal tersebut berdasar dari pengalaman penanganan jemaah gelombang I yang mendarat di Madinah.

"Hasil evaluasi penanganan jemaah gelombang I menjadi acuan untuk menghadapi kedatangan jemaah gelombang II. Dengan jumlahnya yang mencapai lebih 50 persen dari total jemaah haji Indonesia, tentu butuh penanganan yang lebih," ucap Kaseksus Nabawi Kusnul Hadi kepada Tim MCH 2019, Jumat (23/08/2019) malam.

Dijelaskan Kusnul, berdasar hasil evaluasi ada lima pokok yang diperlukan sebagai bekal menghadapi kedatangan jemaah gelombang II. Salah satunya yang paling menonjol yakni kasus jemaah terpisah dari rombongan yang cukup menonjol. "Kami berharap pada gelombang II nanti jumlahnya tidak sebanyak kemarin," imbuhnya.

Selain itu lanjut Kusnul, ada SOP yang diberlakukan di Seksus untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan. Setidaknya ada 17 SOP yang disiapkan guna memudahkan petugas dalam upaya identifikasi permasalahan. "Penanganan terstruktur yang rapi diharapkan dapat meminimalisir kejadian tidak diinginkan," ucapnya. (Feb)

BERITA REKOMENDASI