Selamatkan 20 ABK WNI, KBRI Jepang Beri Penghargaan Awak Fukuseki Mari 15

Editor: KRjogja/Gus

TOKYO, KRJogja.com – Pemerintah Indonesia melalui KBRI Tokyo menyampaikan apresiasi atas operasi penyelamatan yang dilakukan kapal penangkap ikan Jepang FV Fukuseki Maru 15. Perusahaan kapal penangkap ikan Jepang FV Fukuseki Maru 15 telah membantu penyelamatan 20 orang Warga Negara Indonesia (WNI) awak KM Bandar Nelayan 188.

“Momentum yang kita peringati hari ini adalah untuk memberi penghargaan atas keberanian dari awak kapal Jepang yang berada di Lautan Hindia. Kehadiran para awak
kapal itu menunjukan kepedulian yang luar biasa sebagai bentuk persaudaraan Jepang – Indonesia,” ujar Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi Rabu (2/6) ketika memberikan penghargaan kepada awak FV Fukuseki Maru 15.

Hubungan baik kedua negara ini, tambah Dubes Heri Akhmadi sebagaimana dalam siaran pers yang diterima Kamis 3/6), tidak hanya ditandai dengan hubungan erat antarnegara dan
pihak swasta. Tetapi juga antara rakyat kedua negara. “Esensi acara ini adalah untuk menghormati dan mengapresiasi hubungan baik kedua negara, baik antar pemerintah,
swasta dan masyarakat. Terima kasih kepada berbagai pihak. Semoga hubungan baik ini semakin kuat,” tegasnya.

Presiden Kapal Kabushiki Kaisha Fukuseki Maru Kenichi Nishikawa juga menyampaikan ungkapan terimakasih. Menurutnya, penghargaan ini akan semakin memperkuat kerja sama maritim dan perikanan kedua negara. "Terima kasih atas penghargaan dan acara yang meriah ini. Penghargaan ini kami persembahkan juga untuk para para awak kapal asal Indonesia. Ke depannya kami berharap bisa terus menjalin kemitraan di bidang maritim dan perikanan Indonesia dan Jepang.” ujarnya usai menerima penghargaan dan pengalungan Tenun Ikat Flores dari Dubes Heri Akhmadi sebagai tanda persaudaraan. Sahabat dari Hati Mewakili Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Direktur Asia Timur dan Pasifik.

Kementerian Luar Negeri RI Santo Darmosumarto mengatakan penghargaan yang diberikan Dubes Heri Akhmadi kepada pihak perusahaan, kapten dan awak kapal FV Fukuseki Maru 15 semakin mengukuhkan kemitraan strategis Indonesia Jepang yang sudah terjalin selama ini.

“Sahabat dari hati ke hati tentu akan selalu siap untuk turun tangan membantu kapanpun. Seperti halnya dalam peristiwa ini. Kiranya episode baik dalam hubungan bilateral RI-Jepang yang bersejarah ini dapat semakin memperkokoh kemitraan kedua negara di masa yang sulit ini,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI