Selandia Baru Dinilai Sukses Tangani Corona

Editor: Ivan Aditya

SELANDIA BARU, KRJOGJA.com – Riset mengenai penanganan pandemi Covid-19 global selama setahun terakhir menjadikan Selandia Baru, Vietnam, dan Taiwan sebagai tiga negara yang dianggap berhasil menangani penyebaran virus corona. Sementara Indonesia berada di urutan ke-85 dari 98 negara. Amerika Serikat, Iran, Kolombia, Meksiko, dan Brasil menjadi lima negara terbawah yang dianggap buruk dalam menangani pandemi.

Penelitian yang dilakukan oleh Lowy Institute tidak menyertakan China karena kurangnya data yangh tersedia untuk umum. Padahal seperti diketahui, China merupakan negara asal infeksi corona yang pertama kali dilaporkan pada Desember 2019.

Di peringkat empat hingga 10 besar secara berturut-turut diisi oleh negara dengan kasus Covid-19 sedikit. Mulai dari Thailand, Cyprus, Rwanda, Islandia, Australia, Latvia, hingga Sri Lanka.

“Beberapa negara telah menangani pandemi lebih baik daripada yang lain – tetapi kebanyakan negara kalah bersaing hanya dengan tingkat kinerja yang kurang baik,” kata laporan itu. (*)

BERITA REKOMENDASI