Seluruh Jaringan Internet di Rusia Bakal Diputus, Kenapa?

RUSIA, KRJOGJA.com – Rusia dikabarkan akan memutuskan seluruh jaringan internet di negaranya. Dengan demikian, jika hal ini benar dilakukan, rakyat bekas negara Uni Soviet itu tak akan bisa mengakses apa-apa lewat internet.

Namun, tidak diketahui apakah pemutusan jaringan internet ini bersifat sementara atau tidak.

Dilansir Mirror, Selasa (12/2/2019), wacana penutupan jaringan internet ini diinisiasi oleh Regulator Telekomunikasi Rusia atau Roskomnazor.

Hal tersebut merupakan tujuan dari Rusia untuk menguji ketahanan siber mereka dan mempersiapkan diri jika nanti benar-benar berperang dengan Amerika Serikat (AS) dan NATO.

Rusia juga dilaporkan menerapkan sistem pemutusan jaringan internet seperti Tiongkok. Cara kerja sistem ini mirip dengan Great Firewall.

Wacana ini sebetulnya juga menjadi respons terhadap tanggapan terhadap undang-undang yang diusulkan dan diperkenalkan Parlemen Rusia pada Desember 2018.

Berkas pertama undang-undang tersebut, ingin memastikan Roskomnazor untuk bisa membuka independensi ruang internet Rusia dengan agregasi asing.

Jika nanti memang harus demikian, semua perusahaan telekomunikasi di Rusia juga harus menginstal sarana teknis mengubah semua rute lalu lintas internet Rusia ke point pertukaran data yang disetujui dan dikelola Roskomnazor.(*)

BERITA REKOMENDASI