Senam Ngapak Jaga Kebugaran Jemaah Haji

Editor: Ivan Aditya

MAKKAH, KRJOGJA.com – Ratusan warga Jawa tengah yang sebagian besar menggunakan logat 'ngapak' dalam percakapan sehari-hari mengikuti Olahraga Senam Ngapak (OSN) Bareng Enyong, 'Ora Ngapak Ora Kepenak' di Halaman Hotel Al Kiswah Tower Sektor 10 Distrik Jarwal Makkah Saudi Arabia, Sabtu (03/08/2019) pagi waktu setempat.

Kegiatan yang menjadi agenda rutin sektor dengan jemaah asal Embarkasi Solo (SOC) tersebut terasa spesial karena dihadiri langsung Menag RI yang juga Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin. Bahkan menteri yang juga keturunan Jawa Tengah tersebut ikut berbaur bersama jemaah.

"Ibadah haji memperlukan stamina dan kekuatan fisik. Sedang olahraga, termasuk salah satunya senam merupakan cara mensyukuri karunia berupa fisik yang sehat," sebut Lukman Hakim Saifuddin yang disambut aplaus meriah jemaah.

Karena itu lanjut Lukman, jemaah dituntut dan diwajibkan menjaga fisik agar senantiasa sehat. Senam yang dilakukan bersama menjadi upaya ikhtiar menjaga dan merawat nikmat Allah SWT yang luar biasa. Sebab dengan kesehatan jasmani, akan sennatiasa membawa kesehatan secara rohani.

Kepala Sektor 10 Makkah Nurul Badruttamam menyebut kegiatan yang rutin dilakukan tiap pagi tersebut seringkali juga diikuti jemaah dari negara lain. Harapannya akan mampu menjaga kebugaran jemaah, khususnya jelang puncak haji mendatang.

"Ada jemaah yang merupakan Dosen Olahraga Universitas 11 Maret Surakarta Dr Waluyo yang menjadi instruktur. Kami berharap jemaah haji, khususnya yang lansia dan risti dapat terjaga kebugaran dan kesehatannya dengan kegiatan seperti ini," sebut Nurul.

Namun begitu tetap dihimbau kepada jemaah agar tidak memaksakan diri dan melakukan sesuai kemampuan. Sebab tenaga mereka masih akan dimanfaatkan pada prosesi puncak haji fase Armuzna sepekan lagi. (Feb)

BERITA REKOMENDASI