Senator Amerika Berupaya Jerat Putra Mahkota Saudi

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Sejumlah senator Amerika Serikat bertekad menjerat Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman, yang diduga terlibat dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi. Meski kedua negara memiliki hubungan erat, tetapi nampaknya gara-gara perkara itu Negeri Abang Sam enggan terseret dalam pusaran masalah yang bisa menjatuhkan citra mereka.

Para senator mengaku akan membahas cara terbaik untuk menghukum Saudi minggu depan. Hal itu terlepas dari keinginan Presiden Donald Trump mempertahankan hubungan Amerika Serikat dengan Arab Saudi.

Tak hanya pihak dari Partai Demokrat, beberapa anggota Partai Republik juga turut melemparkan tudingan kepada Pangeran Mohammed dalam kematian Khashoggi. Terkait kasus tersebut, mereka mendukung undang-undang agar merespon dengan mengakhiri dukungan AS dalam upaya perang yang dipimpin Saudi di Yaman.

Dalam kasus ini, 14 senator Partai Republik yang jarang bertolak belakang dengan presiden telah menentang Trump, dan memilih mendukung resolusi kekuatan perang bersama Demokrat.

Pengarahan oleh Direktur Badan Intelijen Pusat, Gina Haspel kepada senator pada Selasa lalu kian mengeraskan tekad sejumlah senator untuk menjerat Pangeran Mohammed, meskipun ia mendapat dukungan dari Trump. (*)

BERITA REKOMENDASI